Makanan Untuk Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis | Toko Acep

Makanan Untuk Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis - Makanan yang Anda makan dapat mempengaruhi tulang Anda. Belajar tentang makanan yang kaya akan kalsium, vitamin D dan nutrisi lain yang penting bagi kesehatan tulang dan kesehatan secara keseluruhan akan membantu Anda membuat pilihan makanan sehat setiap hari. Gunakan grafik di bawah ini untuk contoh berbagai jenis makanan yang Anda harus makan setiap hari.

Jika Anda makan diet seimbang dengan banyak susu, ikan, buah-buahan dan sayuran, Anda harus mendapatkan cukup dari nutrisi yang Anda butuhkan setiap hari, tetapi jika Anda tidak mendapatkan jumlah yang disarankan dari makanan saja, Anda mungkin perlu untuk diet  dengan mengambil multivitamin atau suplemen.

Makanan Untuk Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis


  • Produk susu rendah lemak dan susu non-lemak, yogurt dan keju Kalsium. Beberapa produk susu yang diperkaya dengan vitamin D.
  • Ikan seperti sarden kaleng dan salmon mengandung Kalsium yang cukup tinggi. Varietas ikan berlemak seperti salmon, mackerel, tuna dan sarden mengandung Vitamin D
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran seperti collard hijau, lobak hijau, kale, okra, kubis Cina, dandelion hijau, sawi dan brokoli tinggi akan kandungan Kalsium
  • Bayam, bit hijau, okra, produk tomat, artichoke, pisang, kentang, ubi jalar, collard hijau dan kismis mengandung Magnesium
  • Produk tomat, kismis, kentang, bayam, ubi jalar, pepaya, jeruk, jus jeruk, pisang, pisang raja dan plum memiliki kandungan Kalium yang baik untuk tulang
  • Paprika merah, paprika hijau, jeruk, grapefruits, brokoli, stroberi, kubis Brussel, pepaya dan nanas. Mengandung vitamin C yang tinggi.
  • Sayuran berdaun hijau seperti kale, collard hijau, bayam, sawi, lobak hijau dan kubis brussel. tinggi akan kandungan vitamin K.

Contoh Lain  Makanan Sehat Untuk Tulang

Penelitian terbaru telah menemukan bahwa minyak zaitun, kacang kedelai, blueberry dan makanan yang kaya omega-3, seperti minyak ikan dan minyak biji rami juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Banyak manfaat kesehatan secara keseluruhan dari makanan ini membuat mereka pilihan yang sangat baik untuk menambah diet Anda.

Makanan Yang Harus di Pertimbangkan Untuk  Kesehatan Tulang 


  • Kacang (Legum)

Sementara kacang mengandung kalsium, kacang mengandung magnesium, serat dan nutrisi lainnya, namun mereka juga tinggi zat yang disebut phytates. Phytates mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk menyerap kalsium yang terkandung dalam kacang-kacangan. Anda dapat mengurangi tingkat fitat dengan merendam biji dalam air selama beberapa jam dan kemudian memasak mereka di air tawar.

  • Daging dan lain Makanan Tinggi Protein

Sangat penting untuk mendapatkan protein yang cukup, tapi tidak terlalu banyak protein untuk kesehatan tulang dan kesehatan secara keseluruhan. Banyak orang dewasa yang lebih tua tidak mendapatkan cukup protein dalam diet mereka dan ini dapat membahayakan tulang. Namun, khusus diet protein tinggi yang berisi beberapa porsi daging dan protein dengan setiap makan juga dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium. Anda dapat menebus kerugian ini dengan mendapatkan cukup kalsium untuk kebutuhan tubuh Anda. Contohnya seperti produk susu, meskipun tinggi protein, juga mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang.

  • Makanan asin

Makan makanan yang memiliki banyak garam (sodium) menyebabkan tubuh Anda kehilangan kalsium dan dapat menyebabkan tulang keropos . Cobalah untuk membatasi jumlah makanan olahan, makanan kaleng dan garam tambahan yang dimasukan ke makanan yang Anda makan setiap hari. Untuk mengetahui apakah makanan yang tinggi natrium, melihat label Nutrisi Fakta. jika berisi 20% atau lebih untuk Nilai harian, itu tinggi sodium. Bertujuan untuk mendapatkan tidak lebih dari 2.300 mg sodium per hari.

  • Bayam dan makanan lain dengan Oxalates

Tubuh Anda tidak menyerap kalsium dengan baik dari makanan yang tinggi oksalat (asam oksalat) seperti bayam. Oleh sebab itu Anda perlu mengkonsumsi makanan lain yang memiliki kandungan tersebut. Makanan lain dengan oksalat seperti rhubarb, bit hijau dan kacang-kacangan tertentu. makanan ini mengandung nutrisi sehat lainnya, tapi mereka hanya tidak harus dihitung sebagai sumber kalsium.

  • Bubuk gandum

Seperti kacang, bubuk gandum mengandung tingkat tinggi phytates yang dapat mencegah tubuh anda dari menyerap kalsium. Namun, tidak seperti kacang 100 % bubuk gandum adalah satu-satunya makanan yang muncul untuk mengurangi penyerapan kalsium dalam makanan lain yang dimakan pada waktu yang sama. Misalnya, bila Anda memiliki susu dan 100% dedak gandum sereal bersama-sama, tubuh Anda dapat menyerap beberapa, tapi tidak semua, dari kalsium dari susu. Dedak gandum dalam makanan lain seperti roti jauh lebih terkonsentrasi dan tidak mungkin memiliki dampak yang nyata pada penyerapan kalsium. Jika Anda mengambil suplemen kalsium, Anda mungkin ingin membawa mereka dua jam atau lebih sebelum atau sesudah makan 100% dedak gandum.

  • Kafein

Kopi, teh dan minuman ringan (soda) mengandung kafein, yang dapat menurunkan penyerapan kalsium dan berkontribusi terhadap kehilangan tulang. Pilih minuman ini di moderasi.

  • Kopi / teh

Minum lebih dari tiga cangkir kopi setiap hari dapat mengganggu penyerapan kalsium dan menyebabkan hilangnya tulang.

  • Minuman ringan

Beberapa studi menunjukkan bahwa cola, tetapi tidak minuman ringan lainnya, yang berhubungan dengan kehilangan kesehatan tulang. Sementara penelitian lebih lanjut akan membantu kita untuk lebih memahami hubungan antara minuman ringan dan kesehatan tulang, di sini adalah apa yang kita ketahui:

  1. Karbonasi dalam minuman ringan tidak menimbulkan kerugian bagi tulang.
  2. Kafein dan fosfor umumnya ditemukan di cola dapat menyebabkan keropos tulang.
  3. Seperti kalsium, fosfor adalah bagian dari tulang. Hal ini tercantum sebagai bahan dalam minuman cola, beberapa minuman ringan lainnya dan makanan olahan sebagai "phosphate" atau "asam fosfat."
  4. Beberapa ahli mengatakan bahwa Amerika mendapatkan terlalu banyak fosfor, sementara yang lain percaya bahwa hal itu tidak masalah asalkan orang mendapatkan cukup kalsium. Membahayakan tulang sebenarnya bisa disebabkan ketika orang memilih minuman ringan lebih dari susu dan minuman yang diperkaya kalsium.
  5. Untungnya Anda dapat membantu membuat untuk setiap kalsium yang hilang dari minuman ini dengan mendapatkan cukup kalsium untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.
Demikian sajian artikel kesehatan tentang Makanan Untuk Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis. Semoga bermanfaat.

Jika Anda berniat untuk mencegah atau mengatasi masalah kesehatan tulang atau bahkan osteoporosis, Anda bisa mencoba tips ampuh berikut ini. Silahkan KLIK >> Obati Osteoporosis Dengan Produk Herbal QnC Jelly Gamat

Baca juga :

Silahkan tinggalkan Jejak Kunjungan Anda di kolom komentar ini ya :)
EmoticonEmoticon