Makanan Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi



Makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi -  Cara mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi? Perhatikan hasil pengukuran tekanan darah. Angka pertama dari hasil pengukuran adalah tekanan darah sistolik, yang berarti ukuran tekanan dalam arteri ketika jantung Anda berdenyut. Kemudian angka yang berikutnya adalah tekanan diastolik yang mengindikasikan tekanan di antara detak jantung ketika jantung Anda beristirahat. Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80.
Ketika hasil pengukuran tekanan darah melebihi kisaran normal, maka dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Prahipertensi. Tekanan darah yang berkisar antara 120-139 untuk angka sistolik atau 80-89 untuk tekanan diastolik.
  2. Hipertensi tahap 1. Jika tekanan sistolik Anda 140-159 atau tekanan diastolik 90-99.
  3. Hipertensi tahap 2. Pada saat tekanan sistolik 160 atau lebih tinggi atau tekanan diastolik 100 atau lebih tinggi.
Bagi Anda yang ingin menjaga tekanan darah pada kisaran normal, dapat mulai menjalani kebiasaan mencermati asupan makanan dan kandungannya.

Makanan Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


  1. Jeruk
    Jeruk sebagai buah yang kaya vitamin C. Ternyata, selain vitamin C, buah ini juga banyak mengandung potasium, serat, dan rendah sodium. Rasanya yang manis tak merepotkan karena bisa kita makan langsung tanpa dijus. Tapi, tak ada salahnya kalau Anda ingin meminum jus jeruk yang segar untuk menu sehari-hari Anda. Apalagi kebutuhan potasium untuk mengatasi darah tinggi cukup besar.
  2. Mengkudu
    Buah mengkudu adalah merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, adalah salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang luar biasa.
  3. Pisang
    Pisang, buah fungsional ini merupakan sumber kalium, jadi juga termasuk pilihan yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa Anda masukan dalam daftar cemilan sehat sehari-hari.
  4. Tomat
    Buah Tomat telah lama dikenal sebagai bahan pangan yang melimpah produksi sari buahnya serta rasanya yang unik dan sedikit masam. Tomat dapat menurunkan tekanan darah. Fakta ini ditunjang oleh penelitian yang baru saja dilakukan  Universitas Ben Gurion untuk menguji tomat sebagai penurun darah tinggi selama 16 minggu terhadap 31 orang. Hasil dari mengonsumsi ekstrak tomat selama 16 minggu menunjukkan bahwa tomat menurunkan rata-rata 10 poin tekanan darah sistolik (saat jantung berkontraksi) dan rata-rata 4 poin tekanan darah diastolik (saat jantung berelaksasi).
  5. Ketimun
    Ketimun adalah salah satu jenis sayuran yang paling cocok untuk dijadikan lalapan. Tapi, tahukah anda, ternyata ketimun mampu menurunkan tekanan darah tinggi? Kadar mineral potassium yang tinggi berguna untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi.
  6. Kentang putih
    Kentang putih kaya akan magnesium dan potasium, dua nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Ketika kalium rendah, tubuh mempertahankan natrium tambahan (dan terlalu banyak sodium meningkatkan tekanan darah). Di sisi lain, ketika Anda makan diet kaya kalium, tubuh menjadi lebih efisien dalam menyingkirkan kelebihan natrium. Seperti kalium, magnesium juga merupakan kunci dalam mempromosikan aliran darah yang sehat. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan yang sehat dari kedua mineral dapat membantu menjaga tekanan darah tinggi terus berada di ambang normal.
  7. Bawang putih
    Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu atau pelengkap agar masakan menjadi gurih dan harum. Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa satu siung bawang putih dapat memberikan keajaiban yakni untuk mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah, serta dapat menghilangkan penyumbatan pada jantung.
  8. Gandum
    Anda dapat mengganti nasi dengan gandum untuk sarapan di pagi hari. Gandum merupakan sahabat bagi para penderita darah tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin, gandum merupakan makanan penurun darah tinggi yang sangat efektif.
  9. Biji bunga matahari 
    Biji bunga matahari merupakan sumber besar magnesium. Ini merupakan cemilan super untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.
Selain dengan menu makanan penurun darah tinggi di atas, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan cairan tubuh, yakni dengan minum air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari. Semoga dengan menerapkan diet sehat di atas, Anda dapat terbebas dari penyakit darah tinggi dan penyakit komplikasi lainnya.