Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Ginjal


Makanan yang bagus untuk kesehatan ginjal - Selain makan dengan benar dan mengendalikan berat badan Anda, Anda dapat mengambil langkah-langkah sederhana lainnya untuk menjaga ginjal Anda sehat, termasuk memantau tingkat tekanan darah, kolesterol dan gula darah Anda, pergi ke dokter setiap tahun, berolahraga secara teratur, tidak merokok dan menyadari jika penyakit ginjal berjalan dalam keluarga Anda. Batu ginjal dapat berkembang ketika mineral menumpuk di dalam urin Anda. Namun, makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran, dan rendah garam atau makanan yang kaya oksalat dapat membantu mencegah mineral yang menumpuk di dalam urin. Selain itu, minum banyak air sepanjang hari, terutama jika Anda sering berolahraga, penting untuk kesehatan ginjal.

Tinggal terhidrasi diperlukan untuk pencegahan dan pengobatan. Menjaga urin Anda diencerkan penting untuk menjaga ginjal Anda sehat. Air adalah pilihan terbaik, tetapi Anda juga bisa minum jus buah, jahe atau teh. Jika urin Anda berwarna terang setelah Anda pergi ke kamar mandi, Anda mendapatkan cukup cairan. Juga mencoba untuk membatasi minuman berkafein untuk 1-2 cangkir sehari karena justru bisa membuat Anda dehidrasi.

Namun, makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi tubuh. Banyak makanan yang melindungi terhadap oksidasi termasuk dalam makanan ginjal dan membuat pilihan yang sangat baik untuk dialisis pasien atau orang dengan penyakit ginjal kronis. Makan makanan yang sehat, bekerja dengan ahli diet ginjal dan mengikuti diet ginjal terdiri dari makanan yang ramah-ginjal adalah penting bagi orang-orang dengan penyakit ginjal karena mereka mengalami lebih peradangan dan memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit kardiovaskular.

Buah-buahan dan sayuran meningkatkan fungsi ginjal Anda. Buah-buahan seperti anggur termasuk, cranberry dan blueberry; sayuran termasuk adas, bawang, seledri, bit, bayam, kacang panjang, dan asparagus. Jika Anda menderita penyakit ginjal, pastikan buah-buahan dan sayuran yang Anda makan yang rendah potasium.

Sejak ginjal mengatur kalium, penting bahwa Anda memantau asupan kalium Anda. Jika tingkat kalium Anda terlalu tinggi, Anda dapat mengembangkan risiko lebih besar menderita stroke atau serangan jantung. Beberapa contoh makanan rendah kalium meliputi apel, kacang-kacangan, jagung, beras, mie, pasta, terong, cookies tanpa kacang atau cokelat, pir, kacang polong, paprika dan zucchini.

15 Makanan untuk meningkatkan kesehatan ginjal

  1. Cranberry: Membuat urin lebih asam, dan mencegah infeksi saluran kemih, dengan tergantung terhadap bakteri menempel ke bagian dalam kandung kemih. Efektif melawan kanker dan penyakit jantung.
  2. Ceri: Berlimpah antioksidan dan fitokimia, memberikan perlindungan jantung melalui anti-inflamasi properti.
  3. Paprika merah: Ini adalah rendah Kalium, sementara kemasan porsi vitamin A, C, B6, asam folat dan serat. Mereka juga mengandung antioksidan lycopene, yang melindungi terhadap jenis kanker tertentu.
  4. Bawang putih: Baik untuk mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol . Memiliki antioksidan sifat pembekuan dan anti.
  5. Olive Oil: Mengandung asam oleat, asam lemak anti inflamasi yang melindungi terhadap oksidasi, dan polifenol dan senyawa antioksidan yang mencegah peradangan dan oksidasi.
  6. Anggur merah: Banyak flavanoids ramah-hati yang mencegah oksidasi, mengurangi kemungkinan pembekuan darah, dan melindungi Anda dari kanker dan peradangan yang disebabkan komplikasi.
  7. Blueberry: Sebuah makanan super anti-inflamasi yang kuat dengan banyak Vitamin C dan serat. Mengandung mangan yang memberikan kontribusi untuk kesehatan tulang.
  8. Raspberry: asam ellagic, phytonutrisi, membantu menetralisir radikal bebas mencegah kerusakan sel. Selain Flavonoid (anthocyanin) buah ini merupakan sumber yang sangat baik dari mangan, vitamin C, serat dan folat, vitamin B, dan menghambat pertumbuhan sel kanker dan pembentukan tumor.
  9. Bawang: Rendah kalium dan kromium, berisi quercitin, antioksidan kuat yang mencegah penyakit jantung dan berbagai bentuk lain dari kanker . Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi.
  10. Kubis: ini sayuran yang penuh dengan phytochemical, diyakini untuk memerangi pertumbuhan kanker dan mendukung kesehatan jantung.
  11. Kembang kol: Mengandung Vitamin C, folat, serat, dan senyawa yang membantu hati menetralisir zat beracun, mengurangi beban pada ginjal.
  12. Apel: Kombinasi serat dan elemen anti-inflamasi membantu mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, dan melindungi terhadap penyakit jantung.
  13. Stroberi: Kaya dua jenis antioksidan ditambah mengandung banyak vitamin C, mangan dan serat. Mereka memiliki sifat anti kanker dan anti inflamasi dan juga menjaga jantung Anda sehat.
  14. Putih telur: Mereka memberikan kualitas tertinggi protein bersama dengan semua asam amino esensial. Putih telur memiliki fosfor kurang dari sumber protein lain seperti kuning telur atau daging.
  15. Ikan: Sumber Baik dari protein dan inflamasi omega 3 lemak yang mencegah penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung. Mereka juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

10 Cara untuk menjaga ginjal agar tetap sehat

  1. Berolahraga secara teratur
  2. Jangan terlalu sering menggunakan over-the-counter obat penghilang rasa sakit atau NSAID
  3. Berat kontrol
  4. Dapatkan fisik tahunan
  5. Pola makan teratur
  6. Tahu riwayat kesehatan keluarga Anda
  7. Memonitor tekanan darah & kolesterol
  8. Pelajari tentang penyakit ginjal
  9. Jangan merokok atau penyalahgunaan alkohol
  10. Bicarakan dengan dokter Anda tentang mendapatkan diuji jika Anda berisiko untuk CKD
Selain makanan tersebut, ada beberapa suplemen herbal yang di percaya mampu mengatasi masalah ginjal secara menyeluruh. Bukan hanya itu, menurut banyak ahli, suplemen ini juga dapat menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Simak selengkapnya >> 

 

QnC Jelly Gamat Untuk Kesehatan Ginjal Secara Menyeluruh